Cleaning in Place & Out of Place

2724 Words Sep 2nd, 2009 11 Pages
SISTEM CLEANING IN PLACE (CIP)

Sistem CIP (Cleaning In Place) terdiri dari peralatan, pipa-pipa, dan sistem otomatis yang mengatur sirkulasi dari proses pembersihan dan sanitasi melalui pipa-pipa dan peralatan pengolahan pangan yang dijadikan target. Sistem CIP dirancang dan dioperasikan agar dapat melakukan pembersihan terhadap peralatan dan pipa-pipa sehingga sesuai dengan standar yang dikehendaki tanpa harus melakukan pembongkaran dan perakitan kembali pada pipa-pipa atau peralatan tersebut.

Keuntungan dan Kerugian
Keuntungan dalam menggunakan sistem CIP meliputi ; kuntungan berupa biaya dan reliabilitas yang didapat dari pengurangan kerja secara manual setelah berkurangnya resiko kontaminasi kembali pada saat peralatan dirakit
…show more content…
Untuk sistem CIP dengan tipe Re-use, larutan pembersih harus di buat seuai dengan kebutuhan, berdasarkan aplikasi yang dipersyaratkan. Contohnya, 1-2 % larutan kaustik untuk tanki dan heat exchanger, atau 1 % larutan untuk pipework pada berbagai temperatur yang dipersyaratkan.

Siklus CIP
Tahapan Tujuan
Initial rinse Menghilangkan kotoran kasar
Cleaning chemical wash (umumnya berkali-kali) Menghilangkan kotoran yang melekat (bahan yang digunakan sejenis kaustik, tetapi dapat juga asam atau tipe pembersih kimia lainnya)
Rinse Menghilangkan bahan pembersih kimia
Sanitise Mengurangi populasi mikroba
Final rinse Menghilangkan bahan sanitizer (kecuali jika menggunakan sanitizer yang tidak perlu dibilas) dan untuk membersihkan sirkuit CIP dari bahan pembersih kimia

Tahapan Sistem CIP
Secara umum, tahap pertama dalam proses pembersihan CIP adalah membilas siklus sirkulasi dengan air. Selajutnya dilakukan pengukuran larutan detergen alkali. Kandungan utama yang terdapat dalam larutan detergen alkali yaitu kaustik soda (NaOH) dengan berbagai bahan tambahan agar proses pembersihan berjalan dengan efektif. Larutan detergen dipanaskan hingga suhunya 137 oC- 140 oC dan disirkulasikan ke seluruh mesin selama 30 menit sampai 35 menit, lalu dibilas dengan air.
Tahap berikutnya dalam pengerjaan proses pembersihan yaitu pengukuran jumlah cairan pembersih yang

More about Cleaning in Place & Out of Place

Open Document