Customer Relation

1681 Words Dec 3rd, 2010 7 Pages
BAB II

TINJAUAN PUSTAKA

A. Public Relations

1. Pengertian dan Konsep Dasar Public Relations

Istilah public relations sering diartikan menjadi ”hubungan masyarakat (humas)”. Sebenarnya pengguna istilah hubungan masyarakat tidak tepat. Arti kata ”public” dalam public relations berbeda dengan kata “masyarakat” dalam hubungan masyarakat. Isitilah masyarakat terlalu luas, sedangkan public (publik) hanyalah bagian dari masyarakat yang luas itu. Publik merupakan sekumpulan orang atau kelompok dalam masyarakat yang memiliki kepentingan atau perhatian yang sama terhadap sesuatu hal.

Jadi publik bercirikan:

a. Mempunyai kepentingan atau perhatian yang sama terhadap suatu isu atau objek tertentu. Kepentingan dan atau
…show more content…
Menciptakan komunikasi dua arah secara timbale balik dengan menyebarkan informasi dari perusahaan kepada publik dan menayalurkan opini publik kepada perusahaan.

3. Melayani publik dan memberikan informasi kepada pimpinan perusahaan mengenai kepentingan umum.

4. Membina hubungan secara harmonis antara perusahaan dan publik, baik internal maupun eksternal.

3. Tujuan Public Relations

Tujuan merupakan sesuatu yang ingin dicapai, dituju, atau diraih. Tujuan merupakan sesuatu yang mengarahkan kegiatan PR, sehingga tidak melenceng atau salah sasaran.

Karena PR adalah fungsi manajemen dalam melaksanakan kegiatan komunikasi, maka pada dasarnya tujuan PR adalah tujuan-tujuan komunikasi. Seperti yang diungkapkan Rachmat Kriyantono dalam bukunya “Public Relations Writing”, maka tujuan-tujuan PR adalah sebagai berikut :

1) Menciptakan pemahaman antara perusahaan dengan publiknya

Tujuan PR adalah berupaya menciptakan saling pengertian antara perusahaan dengan publiknya. Melalui kegiatan komunikasi diharapkan terjadi kondisi kecukupan informasi (well informed) antara perusahaan dengan publiknya. Kecukupan informasi ini merupakan dasar untuk mencegah kesalahan persepsi.

2) Membangun Citra Korporat (Corporate Image)

Citra adalah gambaran persepsi publik tentang perusahaan menyangkut pelayanannya, kualitas produk, budaya perusahaan, perilaku

More about Customer Relation