Kasus Dirgantara Indonesia

2377 Words Nov 11th, 2010 10 Pages
ABSTRAK

PT Dirgantara Indonesia (DI) adalah perusahaan pembuat pesawat terbang yang telah mengalami jatuh bangun selama beberapa tahun belakangan ini. Penulis mencoba menganalisa mengenai kejatuhan PT. DI yang dibatasi sejak kegagalan PT DI dalam proyek pembuatan pesawat terbang tipe N-250. Penulis pada awalnya menjelaskan latar belakang masalah-masalah yang dihadapi oleh PT. DI sejak kegagalan proyek pembuatan pesawat terbang tipe N-250 hingga saat mengalami masa vakum sejak 1998 hingga 2009. Pada proses berikutnya, penulisan mencoba menganalisa berbagai macam masalah yang menimpa PT. DI dari seluruh aspek yang telah disebutkan sebelumnya juga memberikan solusi yang paling efektif untuk mengatasi masalah-masalah tersebut sehingga
…show more content…
Proyek pesawat N250 ini sebelumnya telah menghabiskan dana sebesar 650 juta USD dan masih membutuhkan dana sekitar 100 juta USD untuk melakukan sertifikasi tersebut. Akan tetapi, dana yang dibutuhkan tersebut tidak dapat diperoleh dikarenakan sejak tahun 1998, pemerintah menghentikan pemberian dana untuk berbagai program pembuatan pesawat terbang di PT. DI. Selama ini, PT. DI walaupun berbetuk perseroan terbatas yang seharusnya dapat mencari sumber pendaan sendiri, masih terlalu tergantung pada dana dari pemerintah. Oleh karena itu, saat Presiden Soeharto menandatangani perjanjian dengan IMF pada tahun 1998 untuk menghentikan segala macam pemberian dana ke PT. DI, dengan serta-merta PT. DI mengalami kesulitan finansial untuk membiayai seluruh kegiatan produksi maupun manajemennya. Sejak tahun 1998 tersebut, PT. DI tidak lagi menghasilkan karya pesawat terbang apapun, yang kemudian mengakibatkan pemecatan sekitar 6.600 dari 16.000 pegawainya. Setelah kejadian tersebut, itu dukungan pemerintah terhadap PT. DI terus menurun.

2. ANALISA MASALAH

Dipandang dari sejarah yang dimiliki oleh PT. DI, terdapat beberapa permasalahan internal yang dimiliki oleh satu-satunya perusahaan produsen pesawat di Indonesia bahkan di Asia Tenggara ini, antara lain :
• Kemampuan

More about Kasus Dirgantara Indonesia