Kepemimpinan

1884 Words Jul 23rd, 2009 8 Pages
TUGAS SEMINAR KEPEMIMPINAN

YUNANTO DWI NUGROHO

MM-EKSEKUTIF MUDA I

Setelah mempelajari mata kuliah kepemimpinan ini dan dengan kita menilai berbagai macam karakteristik kepemimpinan, maka dapat diambil beberapa kesimpulan mengenai bagaimana menjadi seorang pemimpin yang efektif dengan mempelajari gaya kepemimpinan baik dari salah satu tokoh yang diangkat di tugas individu dan tokoh- tokoh yang hadir di kelas dan membagi pengalamannya memimpin organisasi .

Seorang pemimpin adalah seseorang yang unik dan tidak diwariskan secara otomatis tetapi seorang pemimpin haruslah memiliki karekteristik tertentu yang timbul pada situasi -situasi yang berbeda dan melalu banyak proses pembentukan karakter sampai menjadi sosok pemimpin yang
…show more content…
Dari sifat-sifat yang dimiliki oleh tipe mimpinan otokratis tersebut di atas dapat diketahui bahwa tipe ini tidak menghargai hak-hak dari manusia, karena tipe ini tidak dapat dipakai dalam organisasi modern.

2. Tipe kepemimpinan militeristis Perlu diparhatikan terlebih dahulu bahwa yang dimaksud dengan seorang pemimpin tipe militeristis tidak sama dengan pemimpin-pemimpin dalam organisasi militer. Artinya tidak semua pemimpin dalam militer adalah bertipe militeristis.
Seorang pemimpin yang bertipe militeristis mempunyai sifat-sifat sebagai berikut:
1. a. Dalam menggerakkan bawahan untuk yang telah ditetapkan, perintah mencapai tujuan digunakan sebagai alat utama.
2. b.Dalam menggerakkan bawahan sangat suka menggunakan pangkat dan jabatannya.
3. c. Senang kepada formalitas yang berlebihan
4. d. Menuntut disiplin yang tinggi dan kepatuhan mutlak dari bawahan
5. e. Tidak mau menerima kritik dari bawahan
6. f. Menggemari upacara-upacara untuk berbagai keadaan.

Dari sifat-sifat yang dimiliki oleh tipe pemimpin militeristis jelaslah bahwa ripe pemimpin seperti ini bukan merupakan pemimpin yang ideal.

3. Tipe pemimpin fathernalistis Tipe kepemimpinan fathornalistis, mempunyai ciri tertentu yaitu bersifat fathernal atau kebapakan.ke Pemimpin seperti ini menggunakan pengaruh yang sifat kebapaan dalam menggerakkan bawahan mencapai tujuan. Kadang-kadang pendekatan yang dilakukan sifat