Peran Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pertumbuhan Ekonomi

2302 Words Jun 15th, 2010 10 Pages
Peran Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pertumbuhan Ekonomi

ABSTRAK
Makalah bertujuan untuk memberikan penjelasan mengenai peran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam memberikan kontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi. Makalah ini mengkaji beberapa hasil studi penelitian ataupun artikel untuk mengkonfirmasi terdapatnya hubungan positif antara TIK dan pertumbuhan ekonomi. Selanjutnya makalah ini diorganisasi menjadi bagian pendahuluan, pembahasan, dan diakhiri dengan bagian penutup yang terdiri dari kesimpulan serta rekomendasi.

I. PENDAHULUAN
Istilah teknologi informasi mulai populer di akhir tahun 70-an. Pada masa sebelumnya istilah teknologi informasi biasa disebut teknologi komputer atau pengolahan data elektronis
…show more content…
Pada intinya e-government adalah penggunaan teknologi informasi yang dapat meningkatkan hubungan antara pemerintah dan pihak-pihak lain. Penggunaan teknologi informasi ini kemudian menghasilkan hubungan bentuk baru seperti: G2C (Governmet to Citizen), G2B (Government to Business), dan G2G (Government to Government). Manfaat e-government yang dapat dirasakan antara lain pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat, informasi dapat disediakan 24 jam sehari dan 7 hari dalam seminggu tanpa harus menunggu dibukanya kantor pemerintahan, informasi dapat dicari tanpa harus secara fisik datang ke kantor pemerintahan. d. Keuangan : Dalam dunia perbankan Teknologi Informasi dan Komunikasi adalah diterapkannya transaksi perbankan lewat internet atau dikenal dengan Internet Banking. Beberapa transaksi yang dapat dilakukan melalui Internet Banking antara lain transfer uang, pengecekan saldo, pemindahbukuan, pembayaran tagihan, dan informasi rekening. e. Kesehatan :
Sistem berbasis kartu cerdas (smart card) dapat digunakan juru medis untuk mengetahui riwayat penyakit pasien yang datang ke rumah sakit karena dalam kartu tersebut para juru medis dapat mengetahui riwayat penyakit pasien. Digunakannya robot untuk membantu proses operasi pembedahan serta penggunaan komputer hasil pencitraan tiga dimensi untuk menunjukkan letak tumor dalam tubuh pasien.

II.2. Teknologi Informasi dan Komunikasi sebagai Katalis Perubahan Ekonomi Dunia
Ekonomi global saat
Open Document