Perilaku Konsumen

2928 Words Jan 23rd, 2011 12 Pages
PERILAKU KONSUMEN
Agar dapat sukses dalam persaingan, maka perusahaan harus berusaha menciptakan Dan mempertahankan pelanggan dengan cara menghasilkan dan menyampaikan produk Yang diinginkan konsumen dengan harga yang layak (rensonable). Oleh karena itu, setiap marketer harus berupaya memahami perilaku pelanggan. Kelangsungan hidup perusahaan sangat ditentukan oleh pelanggan, baik pelanggan akhir maupun pelanggan industri.

Perilaku konsumen Adalah tingkah laku dari konsumen, dimana mereka dapat mengilustrasikan pencarian untuk membeli, menggunakan, mengevaluasi dan memperbaiki suatu produk dan jasa mereka. Focus dari perilaku konsumen adalah bagaimana individu membuat keputusan untuk menggunakan sumber daya mereka yang telah tersedia
…show more content…
Implikasi : Marketer perlu memusatkan bauran pemasaran pada satu kelas sosial yang memiliki preferensi produk dan brnnds yang berbeda sesuai dengan kelas sosial mereka.

REFERENCE GROUPS – KELOMPOK ACUAN
Konsep : Kelompok acuan - reference groups: seseorang dalarn kelompok tertentu yang memiliki pengaruh – pengaruh langsung terhadap sikap dan perilakunya (keanggotaan kelompok).
Implikasi : Marketer perlu mengidentifikasi kelompok acuan pelanggan yang mempunyai pengaruh kuat terhadap pilihan produk dan merek.

FAMILY - KELUARGA
Konsep : Keluarga mempakan organisasi kecil yang penting dalam memengaruhi perilaku anggotanya yang bersumber dari orangtua. Suami - istri - anak memiliki peran yang berbeda dalam memengaruhi perilakru pembelian mereka. implikasi : Marketer perlu mengenali peran yang relatif dominan antara suami - istri - anak yang memengaruhi dalam membeli beragam produk dan jasa.
Contoh : Makanan, pakaian sehari-hari, perhiasan, produk rumah tangga lainnya. Rumah, mobil, liburan. Sereal siap santap, boneka wool kecil, McDonald's.

MOTIVASI
Motivasi - dorongan kebutuhan yang membentuk perilaku bersifat biologis (lapar, haus, tidak nyaman) dan psikologis (pengakuan, penghargaan atau keanggotaan kelompok), serta aktualisasi optimal. Motivasi sebagai tenaga pendorong dapat dijelaskan berdasarkan konsep:
TEORI FREUD : Kekuatan yang mampu membentuk perilaku biologis, psikologis dan moral, yang dikembangkan sebagai

More about Perilaku Konsumen