Referensi Human Resources

7340 Words Apr 4th, 2009 30 Pages
Kata kunci: Perencanaan&Fungsi SDM, Produktivitas, Diklat, Seleksi, Pengertian, Prinsip, Asas-Asas dan Tujuan Motivasi, Pengertian, Prinsip, Ciri-Ciri, dan Kriteria Disiplin

Kajian Pustaka
2.1 Sumber Daya Manusia
Dalam mengelola sumber daya manusia suatu organisasi diperlukan manajemen. Manajemen secara umum, menurut Fayol (dalam Sahertian, 1985) adalah pelaksanaan fungsi-fungsi administrasi secara umum, yang meliputi aspek perencanaan, organisasi, komando, koordinasi, dan kontrol.
Menurut Nawawi (2001) ada tiga pengertian sumber daya manusia yaitu :
a. Sumber daya manusia adalah manusia yang bekerja dilingkungan suatu organisasi (disebut juga personil, tenaga kerja, pekerja atau karyawan)
b. Sumber daya manusia adalah potensi manusiawi
…show more content…
Untuk memperjelas pengertian mengenai manajemen sumber daya manusia, ada beberapa definisi yang dikutip dari para pakar, antara lain :
Barthos dalam bukunya tentang Manajemen Sumber Daya Manusia ( 1990 ) mengemukakan bahwa :
” Manajemen Sumber Daya Manusia adalah manajemen yang mencakup masalah-masalah yang berkaitan dengan pembinaan, penggunaan, dan perlindungan sumber daya manusia baik yang berada dalam hubungan kerja maupun yang berada dalam perusahaan itu sendiri “.
Hasibuan dalam bukunya Manajemen Sumber Daya Manusia ( 1990 ) mengemukakan pendapat bahwa :
“ Manajemen Sumber Daya Manusia adalah ilmu dan seni mengatur hubungan dan peran tenaga kerja agar efektif dan efisien, membantu terwujudnya tujuan perusahan, karyawan, dan masyarakat “.
Sedangkan Manullang ( 1992 ), mengemukakan bahwa :
“ Manajemen Personalia adalah suatu seni dan ilmu memperoleh manajemen dan memanfaatkan tenaga kerja sehingga tujuan organisasi dapat direalisir secara daya guna, sekaligus adanya kegairahan bekerja dari para pekerja “.
Selanjutnya, dengan menggunakan istilah “ pengelolaan “, Sahertian (1985) menjelaskan proses kegiatan pengelolaan sumber daya manusia (ketenagaan) sebagai berikut :
1. Pencatatan dan pendaftaran ketenagaan (inventarisasi ketenagaan);
2. Penentuan kebijaksanaan dan perencanaan ketenagaan (personnel policy dan personnel planning);
3. Pengadaan

More about Referensi Human Resources