Kegiatan Perbankan

4140 Words May 27th, 2009 17 Pages
Kegiatan Perbankan berdasarkan Prinsip Syariah di Bank Niaga

Sejak dimulainya kegiatan usaha perbankan berdasarkan Prinsip Syariah pada tahun 2004, kegiatan perbankan berdasarkan prinsip syariah di Bank Niaga sangat luar biasa, terutama di tahun 2007. Perkembangan kegiatan perbankan berdasarkan prinsip syariah terutama disebabkan oleh ekspansi yang cepat dari unit usaha syariah. Dengan adanya kelonggaran dalam peraturan BI, Bank Niaga telah melipat gandakan jaringan yang dapat melayani kegiatan perbankan (windows) dari 43 office channelling unit menjadi 106 office channelling unit. Saat ini Bank Niaga berada pada posisi tiga besar sebagai penyedia layanan kegiatan perbankan syariah unit usaha syariah di Indonesia. Berkaitan dengan hal
…show more content…
Bank memiliki dua sumber utama bagi likuiditasnya, yaitu aset dan liabilitas. Apabila bank menahan aset seperti surat-surat berharga yang dapat dijual untuk memenuhi kebutuhan dananya, maka resiko likuiditasnya bisa lebih rendah. Sementara menahan aset dalam bentuk surat- surat berharga membatasi pendapatan, karena tidak dapat memperoleh tingkat penghasilan yang lebih tinggi dibandingkan pembiayaan.

Faktor kuncinya adalah bank tidak dapat leluasa memaksimumkan pendapatan karena adanya desakan kebutuhan likuiditas. Oleh karena itu bank harus memperhatikan jumlah likuiditas yang tepat. Terlalu banyak likuiditas akan mengorbankan tingkat pendapatan dan terlalu sedikit akan berpotensi untuk meminjam dana dengan harga yang tidak dapat diketahui sebelumnya, yang akan berakibat meningkatnya biaya dan akhirnya menurunkan profitabilitas. (Zaenal Arifin, :66)

Pada bank syariah, dana nasabah dikelola dalam bentuk titipan maupun investasi. Cara titipan dan investasi jelas berbeda dengan deposito pada bank konvensional dimana deposito merupakan upaya mem-bungakan uang. Konsep dana titipan berarti kapan saja si nasabah membutuhkan, maka bank syariah harus dapat memenuhinya, akibatnya dana titipan menjadi sangat likuid. Likuiditas yang tinggi inilah membuat dana titipan kurang memenuhi syarat suatu investasi yang membutuhkan pengendapan dana.

Karena pengendapan dananya tidak lama
Open Document